Dalam menjalankan bisnis kadangkala Anda mengalami kondisi stagnan, dimana bisnis yang Anda jalankan tidak kunjung berkembang atau bahkan semakin merosot. Dalam kondisi ini Anda sering merasa frustasi sehingga membutuhkan solusi untuk mengatasi kondisi stagnan ini. Sebenarnya faktor internal yang ada di dalam diri Anda sendiri menjadi kunci atas keberhasilan bisnis yang Anda jalankan, setidaknya jika Anda tetap semangat maka ide segar biasanya muncul untuk menjadi solusi. Pada kesempatan kali ini Anda akan berbagi beberapa hal mengenai cara ter-update mengatasi bisnis yang sedang melambat.
Artikel ini sangat sesuai jika Anda sudah memanfaatkan internet sebagai penunjang bisnis baik itu sebagai sarana promosi maupun lainnya. Adapun jika Anda belum pernah mencoba untuk membawa bisnis Anda ke ranah online, maka artikel ini akan memberikan gambaran bagaimana Anda harus memulainya. Inilah solusinya…
Pendapat dari klien atau pelanggan bisa sangat mempengaruhi kemajuan bisnis Anda. Semakin Anda mendengarkan pendapat mereka, maka semakin banyak peluang bagi Anda untuk menemukan celah-celah kesuksesan.
Tidak pandang skala bisnis Anda, business plan adalah komponen penting untuk mengukur proses bisnis yang sedang Anda jalankan. Beberapa manfaat dari perencanaan bisnis adalah:
Untuk memberikan ide baru selama Anda menulisnya dengan penuh kesungguhan.
Memudahkan pihak lain untuk meyakinkan tentang perihal bisnis Anda.
Menjadi pemicu untuk lebih serius menganalisis profitabilitas segala keputusan yang diambil.
Memberikan gambaran tentang kelayakan ide bisnis.
Membantu Anda untuk tidak sembarangan mengeluarkan uang sebagai sarana penunjang bisnis
Dapat dijadikan alat untuk mencari investor jika Anda berencana untuk membuka investasi untuk pihak lain.
Membantu untuk menganalisis kompetisi pasar sehingga Anda bisa bertahan.
Lantas bagaimana cara membuat business plan yang baik? Ada banyak pilihan contoh yang bisa Anda terapkan. Secara prinsip business plan memuat beberapa hal berikut ini:
Jangan fikir bahwa Anda adalah orang yang paling kompeten di bisnis Anda. Ingat, di atas langit masih ada langit. Bersikukuh dengan prinsip terkadang bisa membuat Anda hancur. Cairkan pikiran Anda dan lapangkan dada untuk menerima sesuatu yang baru. Kelas bisnis merupakan tempat yang sangat tepat untuk menggali sesuatu yang baru.
Selain ada ilmu yang mungkin belum Anda ketahui, ingat, disana juga ada berlimpah-limpah ide dari para pemula dan orang-orang kompeten dibidangnya. Sekarang ini sudah banyak kelas-kelas bisnis baik yang diselenggarakan secara online maupun kelas bisnis konvensional. Di kota-kota besar acara ini hampir Anda jumpai setiap saat.
Saat kondisi bisnis sedang melambat, inilah faktor intern (dalam diri) yang harus Anda kelola lebih teliti lagi. Untuk melakukan, Anda bisa mengurangi porsi belanja, mengurangi liburan dan lain sebagainya.
Dari business plan yang sudah Anda buat, sekarang Anda bisa menerapkannya untuk membuat rencana pemasaran untuk waktu satu minggu mendatang atau satu bulan mendatang. Usahakan rencana tersebut mampu menembus pasar sehingga dapat menutupi kerugian-kerugian yang di alami.
Buat promosi kecil-kecilan yang menerangkan bahwa dalam waktu tertentu Anda menawarkan diskon besar-besaran. Atau kalau memang diperlukan berikan hadiah gratis bagi para pelanggan. Contoh perusahaan-perusahaan yang sudah menerapkan sistem ini.
Mungkin bagi Anda ini tidak terlalu penting untuk dilakukan. Akan tetapi kenyataannya sangat berbeda. Tingkatkan kinerja dan buat diri Anda sedisiplin mungkin layaknya seorang pengusaha sukses. Ini secara langsung akan merubah bagaimana Anda menyikapi kondisi bisnis yang sedang melemah.
Meningkatkan citra bisnis bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya adalah dengan menerapkan prinsip manfaat. Baik itu di bidang jasa maupun produk, berilah pengertian sedetail mungkin tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan.
Baca Juga : 10 Cara Pengusaha Meningkatkan Produktivitas yang Patut Ditiru
9. Tingkatkan Kreatifitas
Anda harus percaya bahwa Anda bisa melakukan kreatifitas tanpa batas. Buat kreasi yang seunik mungkin. Meskipun tidak berhubungan dengan bisnis yang Anda jalankan, selama itu bisa meningkatkan penjualan ataupun meningkatkan kepercayaan pelanggan, maka lakukanlah.
Beruntung Anda sekarang hidup di era digital. Ada banyak hal penting yang bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma. Banyak e-book gratis yang membahas tentang manajemen usaha secara umum maupun khusus. Kalau Anda sempat, Anda bisa lakukan blog walking atau mengunjungi beberapa blog yang sesuai dengan konteks yang Anda cari. Lakukan interaksi dengan pemilik blog, tanya-jawab, sharing dan lain sebagainya.
Artikel ini sangat sesuai jika Anda sudah memanfaatkan internet sebagai penunjang bisnis baik itu sebagai sarana promosi maupun lainnya. Adapun jika Anda belum pernah mencoba untuk membawa bisnis Anda ke ranah online, maka artikel ini akan memberikan gambaran bagaimana Anda harus memulainya. Inilah solusinya…
1. Minta Pendapat dari Klien
Pendapat dari klien atau pelanggan bisa sangat mempengaruhi kemajuan bisnis Anda. Semakin Anda mendengarkan pendapat mereka, maka semakin banyak peluang bagi Anda untuk menemukan celah-celah kesuksesan.
2. Buat Actual Business Plan
Untuk memberikan ide baru selama Anda menulisnya dengan penuh kesungguhan.
Memudahkan pihak lain untuk meyakinkan tentang perihal bisnis Anda.
Menjadi pemicu untuk lebih serius menganalisis profitabilitas segala keputusan yang diambil.
Memberikan gambaran tentang kelayakan ide bisnis.
Membantu Anda untuk tidak sembarangan mengeluarkan uang sebagai sarana penunjang bisnis
Dapat dijadikan alat untuk mencari investor jika Anda berencana untuk membuka investasi untuk pihak lain.
Membantu untuk menganalisis kompetisi pasar sehingga Anda bisa bertahan.
Lantas bagaimana cara membuat business plan yang baik? Ada banyak pilihan contoh yang bisa Anda terapkan. Secara prinsip business plan memuat beberapa hal berikut ini:
- Executive Summary – uraian singkat mengenai usaha yang dijalankan.
- Visi dan Misi Bisnis
- Tujuan Usaha
- Kunci Kesuksesan Usaha
- Ringkasan tentang Perusahaan – termasuk sejarah berdirinya usaha.
- Manfaat Keberadaan Perusahaan – manfaat bagi perusahaan maupun kalangan yang lebih luas.
- Company Culture
- Kepemilikan dan Manajemen
- Produk/Jasa yang ditawarkan
- Analisis Pasar
- Target Pasar
- Distribusi penjualan
- Analisis Kompetitor
Pemasaran dan Strategi Operasional
Untuk skala usaha yang lebih besar (perusahaan) mungkin bisa mencakup aspek yang lebih luas untuk membuat business plan. Akan tetapi untuk skala bisnis kecil menengah, mungkin beberapa aspek di atas sudah mencukupi.3. Daftar dan Ikuti Kelas Bisnis
Selain ada ilmu yang mungkin belum Anda ketahui, ingat, disana juga ada berlimpah-limpah ide dari para pemula dan orang-orang kompeten dibidangnya. Sekarang ini sudah banyak kelas-kelas bisnis baik yang diselenggarakan secara online maupun kelas bisnis konvensional. Di kota-kota besar acara ini hampir Anda jumpai setiap saat.
4. Kurangi Gaya Hidup yang Berlebihan dan Simpan Lebih Banyak Uang
5. Buat Sebuah Rencana Marketing untuk Jangka Pendek
Dari business plan yang sudah Anda buat, sekarang Anda bisa menerapkannya untuk membuat rencana pemasaran untuk waktu satu minggu mendatang atau satu bulan mendatang. Usahakan rencana tersebut mampu menembus pasar sehingga dapat menutupi kerugian-kerugian yang di alami.
6. Pikirkan Sebuah Hadiah untuk Pelanggan
7. Perbaiki Performa dan Kinerja Layaknya Seorang Pengusaha Sukses
8. Perbaiki dan Tingkatkan Citra Bisnis
Baca Juga : 10 Cara Pengusaha Meningkatkan Produktivitas yang Patut Ditiru
9. Tingkatkan Kreatifitas
Anda harus percaya bahwa Anda bisa melakukan kreatifitas tanpa batas. Buat kreasi yang seunik mungkin. Meskipun tidak berhubungan dengan bisnis yang Anda jalankan, selama itu bisa meningkatkan penjualan ataupun meningkatkan kepercayaan pelanggan, maka lakukanlah.
10. Baca e-book Gratis atau Blogwalking
Beruntung Anda sekarang hidup di era digital. Ada banyak hal penting yang bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma. Banyak e-book gratis yang membahas tentang manajemen usaha secara umum maupun khusus. Kalau Anda sempat, Anda bisa lakukan blog walking atau mengunjungi beberapa blog yang sesuai dengan konteks yang Anda cari. Lakukan interaksi dengan pemilik blog, tanya-jawab, sharing dan lain sebagainya.
11. Rombak Sistem Pemasaran Anda
Jawab dengan jujur, apakah Anda sudah melakukan sistem marketing yang bagus? Di zaman ini Anda bisa mengelaborasi sistem pemasaran dengan menggunakan teknik konvensional dengan teknik online. Perlukah Anda membuat website? Perlukah Anda promosi melalui surat kabar? Jaman digital seperti ini, promosi online melalui website bisa lebih efektif dibandingkan surat kabar.12. Mulai Sekarang Catat Semua Komplain dari Pelanggan
13. Buat Sebuah Blog
14. Percantik Website Anda
15. Bangun Sebuah Profil yang Meyakinkan di Media Sosial
Setiap orang berinteraksi melalui media sosial. Kenapa Anda tidak membuat business profile melalui sosial media? Tulis apa saja yang berkaitan dengan usaha yang Anda jalankan. Yakinkan orang yang berinteraksi dan dapatkan hati mereka.
16. Berikan Sesuatu yang Gratis di Website Anda
17. Coba Promosi Lewat Surat Elektronik
18. Tingkatkan Promosi Online
19 Buat Satu Dua Artikel yang Dapat dibaca Pelanggan Pada Setiap Rincian Produk
20. Lakukan Penelitian Sederhana Terhadap Bisnis Anda
Poin ini adalah bagian dari business plan yang dijelaskan di atas. Penelitian tidak harus dilakukan dengan cara formal. Seperti yang telah dijelaskan, bahwa menerima komplain serta kritik dari pelanggan bisa menjadi metode penelitian yang sangat handal.
Post A Comment:
0 comments: